Ketimpangan Masyarakat Terhadap Ketidaksamaan Sosial

7/24/2018

Pada masyarakat yang mempunyai karakteritik ketidaksamaan social atau perbedaan antarindividu dalam derajat prestise dan pengaruh social. Dalam hal ini, banyaknya masyarakat yang melampaui jenjang ketidaksamaan social membentuk stratifikasi social atau menjadi hierarki stratifikasi social. 

Jika kita memperhatikan bagaimana masyarakat meramu dan memburu terjadi proses yang panjang terhadap karakteristik masyarakat tradisional.

Ketidaksamaan dalam masyarakat terjadi karena ada norma yang menjadi bagian ketertiban. Persoalan stratifikasi pada masyarakat cenderung mengarah pada masyarakat holtikultura intensif. Kebanyakan seperti hal ini, mempunyai system terhadap produksi ekonomi masyarakat.


Dalam hal ini, pembagian yang sangat fundamental dalam struktur social adalah antara yang memiliki dan tidak memiliki. Sehingga, konteks luas maka pemilikan merupakan bagian dari solusi terhadap bagian-bagian yang diketahui kecil, dimana kriteria sekunder mungkin muncul dan menyelubungi pemisahan fundamental tadi.

Tetapi, ada sesuatu hal yang dapat dipahami ketika kepentingan bersama dalam bidang ekonomi atau politik yang memang diperjuangkan tentunya ada kriteria objektif yang berhubungan dengan kesempatan dalam dunia ekonomi. Meskipun hal tersebut berkaitan, tetapi tidak ada hubungan secara objektif.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close