Evolusi Sosial : Terhadap Kelangsungan Masyarakat

7/24/2018

Dari beberapa perkembangan stratifikasi telah dikemukakan oleh Ilmuwan social terdahulu, bahwa yang paling terkenal untuk diketahui mengenai evolusioner fungsionalis Talcott Parsons. Pandangannya mengenai evolusi social secara umum yang terjadi karena sifat kecendrungan masyarakat untuk berkembang yang disebutnya sebagai kapasitas adaptif.

Kapasitas adaptif adalah kemampuan masyarakat untuk merespons lingkungan dan mengatasi berbagai masalah yang selalu dihadapi oleh manusia sebagai makhluk social. Masyarakat telah berevolusi berabad-abad menurut Parsons. Kemudian, kita memahami bahwa masyarakat kontemporer memiliki kapasitas adaptifnya serta semakin efisien dibanding pada masa sebelumnya.

Anggapannya mengenai Parson bahwa timbulnya stratifikasi merupakan aspek penting dari evolusi akibat meningkatnya kapasitas adaptif dalam kehidupan social. Bagi Parsons, dobrakan evolusioner yang membuat banyak bentuk kemajuan social.


Stratifikasi berperan penting dalam mengatasi persoalan masyarakat dengan keterbatasan-keterbatasan mereka. Dengan adanya peran yang diperlukan dalam mengatasi tantangan dan permasalahan dalam kehidupan social tidak terjadi. Pandangan seperti ini, merupakan bagian dari kelangsungan hidup masyarakat yang ditempati agar kehidupan social dapat berlangsung.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close