Merintangi Proses Sebuah Perubahan Politik Ekonomi

7/10/2018

Pemahaman mengenai perubahan suatu masyarakat dapat diketahui sebagai merintangi jalan proses sebuah perubahan. Perubahan yang dimaksud dalam hal ini dengan masalah social, budaya, ekonomi ataupun politik. Masalah social tentunya berkaitan dengan system stratifikasi social yang kaku, ketimpangan social, fragmentasi komunitas, kepentingan kelompok, dan benturan budaya kerja.

Dalam hal ini, masyarakat terbagi ke dalam kelompok tertentun yang sesuai dengan kedudukannya secara social, ekonomi dan politis. Perubahan social sering kali direspons secara berbeda oleh kelompok-kelompok social tersebut. Ada suatu perubahan yang secara tepat dapat diterima kalangan, karena dalam hal ini ada sesuatu yang bisa diterima.

Perubahan yang dipahami dalam hal ini, tentunya juga suatu inovasi baru yang demikian mudah dapat diterima oleh suatu masyarakat apabila masyarakat yang bersangkutan pernah mengalami hal buruk yang disebabkan oleh sebuah inovasi perubahan yang serupa. Faktor budaya, suatu perubahan dapat saja mendapat rintangan dari masyarakat oleh karena perubahan.
Baca Juga : 
Sedangkan jika dipahami dalam pandangan politik, masih disadari adanya korelasi yang kuat antara pembangunan demokrasi politik dengan keberhasilan pembangunan ekonomi, seperti kemakmuran, industrialisasi, urbanisasi dan aspek social lainnya. Jika berdasarkan akses lapisan masyarakat tentunya ahli politik lebih kepada pihak rakyat yang lebih sesederhana lagi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close