Keunikan Pariwisataan Pedesaan Secara Khusus

10/07/2018

Pariwisataan pedesaan relative berbeda dengan pariwisataan kota, serta peristirahataan lainnya di pantai. Keberadaan Desa wisata secara fisik di pedesaan dengan menciptakan kegiatan pariwisataan yang berarti. Dengan kata lain, ciri dari daerah pedesaan membantu terbentuknya pola kegiatan pariwisataan sehingga menimbulkan daya tarik wisata yang khusus.

Persoalannya, kurang banyak untuk membicarakan pariwisataan pedesaan ini. Tetapi, dengan pariwisata pedesaan berbeda dengan pariwisataan di lingkungan geografis lain seperti keberadaan kota. Dengan adanya perdebatan yang besar dari disiplin ilmu mengenai wisata pedesaan.
Wisata pedesaan akan digemari keberadaanya, karena pedesaan memiliki alam yang indah, kebutuhan pangan yang baik, bahkan menjadi ekowisata masyarakat terhadap lingkungan. Dengan begitu, hadirnya sebuah lingkungan pedesaan yang memiliki efek sebab akibat yang signifikan dengan karakter sosial ekonomi masyarakatnya. 


Perdebatan ini memang akan muncul, ketika melihat keadaan wisata pedesaan kurang diminati, tetapi ada wilayah daerah pedesaan yang memiliki karakteristik yang kurang lebih bisa membedakannya dengan daerah perkotaan. Misalnya, daerah pedesaan yang dibentuk dengan Desa-Desa secara umum. Tetapi, mengenai karakteristik pedesaan untuk diketahui bahwa kegiatan pariwisata pedesaan dapat memiliki efek yang lebih jauh terhadap kehidupan masyarakat pedesaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close