Sosial Politik : Proses Terbentuknya Sebuah Masyarakat

10/20/2018

Pada suatu masyarakat masyarakat terbentuk pada suatu korelasi antara sistim politik dan sistim pengendalian sosial yang dalam suatu masyarakat merupakan suatu bagian dari sistim politik di masyarakat. Maka, hal tersebut perlu dipahami ketika berbagai sistim mengenai suatu masyarakat.

Jika memahami tentang otoritas pada suatu masyarakat ke masyarakat lainnya, dapat sangat bervariasi, apalagi bila dilihat dari berbagai sisi serta pertimbangan, maka dalam suatu masyarakat akan ada terlihat sistim ekonomi yang mereka jalani.

Persamaan yang dipahami adalah ada masyarakat modern dan masyarakat sederhana, serta masyarakat primitive. Dengan memahami ketiga bagian dari masyarakat, maka perlu diketahui bahwa apa yang menjadi bagian dari sistim masyarakat dapat diketahui berbagai perkembangan masyarakat.
Dengan begitu, perkembangan setiap masyarakat dalam hal ini, apabila kita kaitkan dengan berbagai aspek politik, ororitas maka masyarakat tersebut memiliki nilai sebuah aspek sosial politik mereka dalam bagian masyarakat. Misalnya, suatu masyarakat berbagai bentuk organisasi politik memiliki tujuan dalam menjaga ketertiban sosial.


Mungkin, akan muncul sebuah anggapan mengenai organisasi politik tersebut adalah kelompok band yang hidup secara nomaden, suku, kerajaan dan Negara. Berbagai bentuk organisasi politik pada dasarnya memiliki karakteritik yang sangat berbeda, sehingga pada akhirnya menghasilkan sistim pengendalian sosial dan kebijakan yang sangat berbeda. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close