Pedesaan : Perspeksi Fungsionalis Sebagai Kerangka Pemahaman

11/13/2018


Pada masyarakat pedesaan dikenal sebagai suatu sistem yang memiliki suatu prilaku dan tindakan yang sesuai dengan peran atau fungsinya. Dalam suatu masyarakat pedesaan yang memiliki fungsi kelembagaan maka berperan berdasarkan fungsi dari suatu Desa.

Jika terjadi suatu perubahan maka akan menggangu keseimbangan yang bersifat semantara. Kemudian, akan tejadi kesimbangan lagi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan masyarakat melaksanakan tugas tertentu dan terus menerus memiliki fungsional untuk kelestarian dan keberadaan masyarakat.

Berbeda dengan masyarakat yang belum memahami ekonomi pedesaan, maka dapat dipahami sebagai masyarakat yang diwujudkan dalam lembaga  gotong royong yang adalah lembaga dengan membangun kehidupan mereka, maka dikenal dengan masyarakat pedesaan.
Sistem yang berlangsung pada masyarakat pedesaan, tentunya memiliki peran tersendiri bagi cara kehidupan masyarakat pedesaan yang masih sadar akan alam mereka. Sehingga, peran suatu fungsionalis masyarakat pedesaan dapat diketahui berdasarkan peran yang dilakukan selama membangun Desa.

Apa saja yang dipahami dalam hal ini, misalnya masyarakat pedesaan memiliki akses untuk sumber daya mereka, kemudian dapat digunakan berbagai hal termasuk konsumsi masyarakat pedesaan berdasarkan apa yang dihasilkan mereka.


Kebutuhan akan sumber daya yang mereka miliki tersebut, tentunya merupakan hasil yang mereka peroleh berdasarkan fungsionalis yang mereka lakukan berdasarkan sistim pedesaan mereka. Maka, dari itu untuk mengenal pedesaan dapat diketahui berdasarkan aspek yang mereka miliki, seperti sosial, budaya, ekonomi, pengetahuan, serta teknologi yang digunakan.


0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close