Etnisitas : Konsep Sebuah Pemahaman Keberagaman

11/16/2018

Etnisitas merupakan suatu pembahasan yang kompleks terhadap berbagai tradisi, budaya yang ada di masyarakat. Hal ini, tentunya tak hanya ada pada suatu kelompok dan individu tertentu saja yang saling terkait. Tetapi berbagai fenomena sosial terkait suatu pembanding terhadap berbagai budaya yang menjadi salah satu bagian dari suatu tradisi suatu masyarakat.

Dengan memahami etnisitas, maka akan ada hal yang menarik bagaimana saling menjaga untuk saling memahami tujuan masing-masing, atau bahkan tujuan bersama. Dengan begitu berbagai keterkaitan mengenai etnisitas dapat dipahami berdasarkan gagasan bahkan penalaran tersendiri bagi masyarakat.
Untuk menjaga nilai suatu kata “etnisitas” maka tak jarang elite politik misalnya memahami hal tersebut sebagai bagian dari setiap masyarakat yang mesti dipahami berdasarkan apa yang menjadi bagian dari identitas bersama.

Hal yang terkait dengan struktur sosial, maka dapat dipahami sebagai bagian dari perolehan dari hasil pencapaian bersama. Karena, etnisitas muncul berdasarkan karakterstik budaya yang berbeda serta berbagai keanggotaan etnik yang nantinya memiliki tindakan sosial yang nyata. Maka, dari itu suatu etniksitas mesti dipahami dengan berbagai karakteristik yang berbeda.


Segala proses pencapaian sebuah etniksitas berdasarkan keberagaman maka, upaya yang dipahami sebagai bagian dari budaya kita, mesti dipahami berdasarkan konsep etnisitas yang nyata dan sesuaai dengan kepentingan bersama.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close