Sosiologi Pengetahuan Mengenai Gagasan Mannheim

11/15/2018

Dengan kehidupan yang memiliki karya besar tentang sistem pengetahuan, maka setiap karyanya dipengaruhi oleh ideology, serta karya yang berpengaruh seperti neo-marxis, George Lukacs. Dapat dipandang sebagai ahli sosial yang bergerak sendiri dalam bidang sosiologi pengetahuan. 

Gagagasannya mengenai rasionalitas dianggap memberikan penjelasan yang lebih baik dan dalam kandungan makna yang lebih jelas dibandingkan dengan pembahasan dilakukan Weber.

Ketika berada di Inggris pada tahun 1930-an, Mannheim sangat aktif membangun sebuah gagasan teoritiknya sebagai landasan kajian sosiologi pengetahuan (sociology of knowledge) yang merupakan bagian terpenting hingga saat ini.

Pada dasarnya suatu sosiologi pengetahuan meliputi studi yang sistematis mengenai pengatahuan, gagasan atau fenomena intelektual secara umum. Bagi Mannheim, pengetahuan tergantung pada eksistensi sosial, dimana mereka berusaha menghubungkan gagasan suatu kelompok dengan posisi kedudukannya dalam struktur sosial.

Jauh sebelum itu, Marx pernah mengkaji suatu gagasan yang terkait dengan berbagai hal, dengan memahami suatu pengetahuan maka gagasan yang terkait dengan variasi posisi yang berbeda dalam suatu masyarakat terhadap perbedaan diantara generasi.

Maka, gagasannya muncul dengan (ideology) dan utopi (utopia). Dalam pengertian ini, apa yang dipahami maka kedua hal tersebut mewakili suatu sistem ide, dan utopia berusaha melampaui masa kini dengan mengfokuskan masa mendatang.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close