Dampak Perubahan Iklim Serta Keinginan Manusia

12/15/2018

Beberapa fase yang tidak bisa hindari ketika, persoalan iklim akan berdampak pada kehidupan sebagai manusia. Dimana, berbagai persoalan terkait setiap peristiwa yang terjadi tidak dapat terhindarkan dengan berbagai fenomena sosial, politik bahkan, yang tidak dapat diduga sebelumnya. 

Untuk mengantisipasi persoalan manusia, dimana keinginan sosial masyarakat dapat dipahami sebagai “human” yang berkaitan erat kita terhadap alam. Maka, dari itu, berbagai kemungkinan untuk kedepannya, dengan apa yang akan terjadi berdasarkan “ Gore mengatakan manusia memiliki political will (keinginan politik) untuk mengubah krisis iklim yang terjadi saat ini. Ia mengatakan suhu permukaan bumi telah naik satu derajat celcius dan semua pihak butuh percepatan perbaikan lingkungan. 
Kemudian, "Bila kita ragu akan political will, yakinlah, political will itu juga sumber daya yang bisa diperbaharui," kata Gore. Akibat pemanasan global, 95% es di Arktik mencair, imbasnya permukaan air laut naik, ribuan pulau di Indonesia termasuk Jakarta terancam tenggelam, bersama dengan New York, Mumbai, Bangladesh, bahkan Miami. 

Apa yang menjadi dampak tehadap berbagai sistem di masyarakat, yang terkadang tidak adil tersebut merupakan bagian dari persoalan bagaimana pandangan kita terhadap perubahan iklim. Memang, terkadang persoalan keinginan sebagai manusia dapat dibatasi atau tidak, merupakan cara mutlak untuk dapat dipahami berdasarkan lingkungan. 



0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close