Kebudayaan Serta Unsur Pemersatu Keberagamaan

3/19/2019


Kebudayaan adalah suatu produk berpikir manusia yang menjadi acuan dalam bertindak dan menjalani kehidupannya yang pada akhirnya mampu membedakan antara manusia yang satu dengan lainnya. Namun, kebudayaan juga sebagai unsur pemersatu antara manusia dengan manusia lainnya yan kurang lebih memiliki sejarah, sosialisasi, dan hidup dalam lingkungan yang kurang lebih sama.

Sementara, bagaimana setiap individu dan kelompok dapat berkembang dengan kesadaran multicultural yang adalah hasil dari perkembangan pribadi seseorang yang bangga terhadap budayannya namun dapat menghargai budaya lain dalam ikatan komunitas yang lebih luas, dimana suatu kesadaran multicultural bearti individu dan kelompok menghargai kesadaran multicultural yang bearti seseorang mempunyai kesadaran dalam mengembangkan komunitas budaya secara berdampingan.

Ketika, memahami berbagai multikulturalisme maka aka nada perbedaan yang ada dan selalu dihadapi oleh manusia dalam setiap interaksi, yang memiliki perbedaan adalah suatu kenyataan yang hakiki, dimana manusia hidup dalam lingkungan geografis dan mendapatkan sosialisasi serta pengetahuan  yang memaknai interaksi dan situasi yang dihadapi secara berbeda.

Namun, kebudayaan juga sebagai unsur pemersatu antara manusia lain tersebut, merupakan bagian dari kebudayaan yang berlangsung sesuai dengan sistem budaya yang mereka miliki, dengan tumbuh dan kembang sesuai dengan harapan dalam suatu komunitas kebudayaan.


Dengan kebudayaan yang berbeda, kita dapat melihat berbagai ragam budaya yang mereka perkenalkan sesuai dengan sistem makna, visi dan misi tentang hidup yang baik, serta berbagai perbedaan antara satu budaya dengan budaya yang lain. Maka, dari itu berbagai ragam budaya, serta perbedaan budaya telah memperkenalkan bagi kita untuk memahami berbagai perubahan budaya yang baik dari komponen budaya itu sendiri.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close