Konflik Politik Air : Di Berbagai Negara Yang Berkaitan Wilayah Bagian Timur

12/19/2020

Konflik politik air yang terjadi diberbagai wilayah, terutama di bagian Timur Tengah, Sungai Yordan adalah sumber air utama bagi banyak kawasan, termasuk Yordania, Palestina, dan Israel, wilayah yang sudah memiliki sejarah panjang konflik politik.

 

Sementara itu di Suriah, kekeringan terparah dalam hampir seribu tahun disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya perang sipil yang mengubah wajah negara itu dan radikalisasi yang memicu terbentuknya kelompok yang menyebut dirinya Negara Islam.

Mesir dan Ethiopia telah bertikai soal air dari Sungai Nil selama berabad-abad : hulu sungai ikonik itu ada di Ethiopia tapi berakhir di Mesir, dan ini membuat hubungan menjadi tegang. Pada 2015, Mesir dan Ethiopia mengesampingkan perbedaan mereka untuk membangun Bendungan Kebangkitan Besar Ethiopia di sungai itu, yang merupakan bendungan terbesar Afrika dan diresmikan Juli lalu.

Kedua negara itu juga menandatangani kesepakatan yang memastikan akses yang adil terhadap sungai. Tata juga mengatakan bahwa negara maju atau berkembang lainnya juga mengalami tantangan yang sama. "Contohnya kesepakatan 99 tahun antara Malaysia dan Singapura, yang memberikan akses berbayar ke air bersih dari Sungai Johor," katanya.

Sementara, di wilayah seperti Singapura adalah salah satu negara paling progresif di dunia, tapi tanpa akses mencukupi ke air bersih, semua aktivitas industri, perdagangan, bisnis dan budayanya akan berhenti. “Menurut Pacific Institute, badan informasi sumber daya air nonprofit yang berbasis di California, ada puluhan konflik terkait air yang terjadi di seluruh dunia dari 2000 SM sampai sekarang.

Jadi, bagaimana kita memastikan agar semua orang mendapatkan air yang cukup — dan memastikan perdamaian dunia di abad 21? Jawabannya tidak pada pengendalian akses air yang dilakukan oleh satu negara terhadap negara lainnya atau apa yang disebut "perang air" — tapi lebih kepada bagaimana negara-negara dengan stok pangan dan air yang lebih banyak mengekspornya ke negara-negara lain.

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close