Tragedi, Janji Politik Dan Konflik Demokrasi Di Indonesia

3/28/2023

Jakarta, politik pada tahun 2024, telah menjadi peran terhadap moralitas dan etika serta kehidupan sosial di masyarakat. Dengan tingkat kemiskinan yang diperoleh sebagai bentuk dari politik ekonomi masyarakat yang tinggal di Indonesia.

Di Pulau Jawa menempatkan kemiskinan 2022,  sebagai bentuk dari aspek budaya sosial yang berasal dari kalangan menegah kebawah, hal ini berdampak pada mutu dan kualitas hidup masyarakat. Pembenahan diri, moralitas, dalam setiap masyarakat berkelas akan berdampak pada setiap pekerjaan yang dikerjakan sebagai agenda terhadap pejabat pemerintah.

Kepentingan sosial, ekonomi telah menjadi baik dalam setiap aspek budaya lokal hingga saat ini terjadi, saling menguasai, keinginan memperoleh sistem konsumsi di masyarakat, ketidaksenangan dan konflik etnik berlanngsug pada setiap pesta demokrasi Indonesia terjadi.

Tragedi Kalimantan, Indonesia

Hal ini menjelaskan adanya budaya lokal di masyarakat dengan peran serta terhadap budaya lokal di Indonesia. Maka, dari itu berbagai hal terkait dengan moralitas sosial akan tampak pada kemudahan masyarakat dalam mengenal budaya di Indonesia.

Pembelajaran masa lalu, sebagai sejarah di tahun 1967 tragedi Tionghoa hilir di Kalimantan Barat, Gubernur Oevang Oeray RI, dan Presiden Soekarno di Jakarta, 1999 menjadi baik dalam setiap manusia. 

Persoalan yang berasal dari Tuhan akibat dari krisis ekonomi dan kerusuhan Ambon - Madura, melanda pada masa Presiden Soeharto, Pada masa  2 Maret covid19 2020 terjadi di Indonesia, pada persembunyian tembok gereja Kristiani pada bidang kesehatan di Indonesia. 

Dengan memperoleh berbagai hal terkait perubahan hidup, sosial budaya dan agama terlepas dari setiap aspek budaya lokal yang berasal dari Identitas budaya lokal.  Hukum Indonesia, dan Tuhan secara non logis, akan berasal dari kalangan sosial budaya yang berasal dari kalangan masyarakat adat dan ketidaksenangan masih terjadi. 

Dalam penyembahan Tuhan atau agama, terlepas dari budaya lokal di masyarakat adat. Hingga saat ini, catatan narasi yang baik terhadap tragedy Tionghoa di Indonesia, akan tidak lepas dari persoalan moralitas dan etika sosial terkait kesejahteraan dan kemiskinan.

Hal ini menjadi awal dari berbagai hal terkait dengan kehidupan sosial budaya dan agama yang berasal dari persoalan masa lalu yang belum di selesaikan di meja pengadilan Jakarta. Maka, pada setiap aksi yang dilakukan merupakan bentuk dari awal hukum yang ingin disampaikan pada setiap kehidupan sosial budaya yang berbeda di Indonesia.

 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close