Pengertian Etnisitas Dalam Suatu Ideologi Masyarakat

11/15/2018

Suatu pengertian mengenai bahwa etnisitas adalah suatu odeologi yang dimiliki oleh individu untuk memecahkan masalah ketidaksamaan yang muncul dari penempatan diri dalam suatu struktur kekuasaan. 

Dalam suatu interaksi yang terjadi dalam suatu masyarakat, dapat diketahui bahwa identitas etnik memiliki tiga tingkatan, yaitu identitas yang ditentukan sendiri oleh orang yang memiliki identitas serta dipersepsikan dengan identitas yang ditentukan Negara.

Suatu pandangan sosial maka konsep etnisitas pada dasarnya merupakan bagian dari kategori sosial yang digunakan oleh masyarakat untuk menunjukkan identitas seseorang atau kelompok dalam struktur masyarakat secara horizontal.
Dalam prakteknya sebuah kehidupan masyarakat, etnisitas memiliki pengertian dengan struktur masyarakat secara vertical seperti yang dialami masyarakat Indonesia pada masa colonial, dimana etnisitas berhubungan dengan pelapisan masyarakat secara vertical.

Sejarah hubungan antar etnik di Indonesia menunjukkan sejak masa colonial, ketika itu pada masa sebelumnya sudah terdapat pembagian kelompok etnik secara vertical atau berlapis yaitu, Belanda, Timur Asing. Jika berdasarkan dinamika suatu sistem yang berlangsung dapat dipahami bahwa terdapat berbagai kebijakan yang dapat dipahami ketika itu terutama menjaga saling berdampingan.


Maka, dari itu, mengapa ada namanya munculnya identitas etnis hal ini dikarenakan, terdapat muncul kelompok atau identitas lain sebagai pembanding. Maka, dari itu pengetahuan mengenai hal ini, merupakan bagian dasar dari indentifikasi diri sendiri, yang adalah kepercayaan terhadap kesamaan, tradisi budaya, termasuk bahasa dan agama, juga memori tentang migrasi dan kolonialisasi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close